one click and….error!!!!

Standar

Seperti yang pernah saya ceritakan pada episode sebelumnya, komputer di kantor kami lagi terjangkit virus. Setelah melalui sejumlah penyelidikan, analisis, cek dan ricek kabar kabari,silet,insert,dll. Didapatlah sebuah kesimpulan (yang belum tentu bener😛 ) bahwa virus yang masuk tanpa izin itu adalah sejenis virus rontokbro (mungkin keponakan atau sepupunya). Berdasarkan info-info di forum and blog virus ini kabarnya bisa ditaklukan dengan nomat… hah??? kok nomat?? nonton hemat?? hehe ngaco😀 enggaklah, maksudnya dengan Norman. Hmm…ada yang gak tau apa itu Norman? Norman adalah nama orang, nama lengkapnya Normanto😆 .

Setelah tau virusnya, saya pun mulai berburu Norman, masalahnya…ternyata Norman gak bisa diinstal😦 kemungkinan besar karena “campur tangan” si virus. Coba cari-cari lagi katanya ada Norman yang portable, tapi saya gak tau yang mana. Bete gak berhasil ngedapetin Norman, saya coba instal AVG ternyata sama…gak bisa!! Mo ke safe mode juga gak bisa!!!

Kesel, bete, frustasi😥 akhirnya saya mengambil keputusan nekat untuk membasmi virus secara kekeluargaan manual. Pertama saya download Smadav biar bisa ngeliat “kegiatan” di komputer (soalnya Task manager kan udah di disable ama si virus). Dengan Smadav bisa kelihatan virus yang bentuknya folder-folder tapi ternyata waktu mau di “bunuh”, opsi “kill process” gak tersedia!! yang artinya saya cuma bisa ngeliat tanpa bisa memiliki membasmi…😡 Untungnya saya masih punya IBProcman yang fungsinya juga sebagai pengganti Task Manager. Langsung saya jalankan trus berbekal “contekan” dari Smadav (soalnya di IBProcman bentuk file nya gak bisa dilihat langsung, harus bolak-balik ke properties dulu) saya dan teman saya dengan “penuh percaya diri” dan “sok tau”😀 mulai “membunuh” file-file yang dicurigai. Padahal kita berdua sama-sama gak punya basic komputer, secara saya lulusan Pertanian dan dia Kehutanan! see…kenapa saya bilang kita “sok tau” ? hehe:mrgreen: .

Akhirnya setelah tiga jam (swear!! tiga jam!!) saya (dan teman saya) akhirnya sukses membersihkan komputer😀 prinsip kerjanya simple, semua file yang kita anggap “gak wajar” langsung kita klik kanan trus delete (dengan Smadav saya berhasil memunculkan lagi folder option). Bener-bener prinsip one click dah:mrgreen:  Abis ngerasa yakin udah beres semua, saya sempat nge-restart komputer buat ngeliat apa file-file si virus muncul lagi. Ternyata enggak!! hmm…sepertinya kami berdua berhasil!!😀

Besoknya…pas bos saya mo makai komputer buat bikin laporan..

“May…kok Word nya gak bisa dibuka ya?” Hekkk saya langsung shock…jangan-jangan…

Rada gugup juga saya langsung coba sendiri, ternyata bener, pas mo dijalankan Word nya langsung “mogok”. Ada pesan “eror bla bla” gitu. hmm…sepertinya prinsip “one click” saya kemaren bukan cuma membersihkan virus dengan satu langkah mudah, tapi juga “menghapus” beberapa (ehem.. cuma beberapa kok) file atau program untuk menjalankan Word. Mangkanya Word nya jadi eror….

So…hari senin nanti sudah ada tugas tambahan buat saya. Menginstal ulang Microsoft office…😥

One thought on “one click and….error!!!!

  1. hehehe .. klak klik klak klik .. error beneran yaa …
    kalo saya sih cukup satu kali klik .. dateng deh temen yang jafo komputer .. langsung beres hehehe🙂

Tinggalkan Balasan

